Minggu, 13 Mei 2012

Welcome Sigma 15


Ini dia acara yang selalu ditunggu-tunggu setiap tahunnya yaitu PLASMA (Pelantikan Anggota Sigma). Plasma kali ini diadakan di pulau pramuka kepulauan seribu pada tanggal 10-12 Februari 2012 dengan tema makrozoobentos.

Plasma memiliki tujuan melantik mahasiswa biologi yang berminat menjadi anggota baru Sigma - B UI dan memperkenalkan biota laut, ekosistem, serta usaha konservasi laut kepada calon anggota baru Sigma-B UI. Konsep dari acara ini yaitu pelatihan dan pendidikan. Setelah mengikuti pelantikan Anggota baru Sigma-B UI diharapkan lebih mengenal hewan-hewan makrozoobentos, dan mendapatkan skill snorkling serta skill pengambilan data dengan metode line transek.

Yap! PO plasma 15 yaitu Ryandi yang kelak menjadi sekretaris umum kepengurusan sigma 2012-2013. Pelantikan kali ini diawali dengan habituasi alat-alat snorkle, lalu pengambilan data makrozoobentos, dan dilanjutkan dengan acara perkenalan new and old sigma sekaligus presentasi hasil pengambilan data di malam harinya.

Esok hari acara dilanjutkan dengan nge-trip sekaligus singgah di pulau semak daun untuk mengikuti game-game seru yang telah disediakan panitia. Game pertama namanya panjang-panjangan yang memiliki esensi pengetahuan dan kepemimpinan. game ini berisi seputar pengetahuan tentang sigma. Lalu game kedua yaitu Quiz Makrozoobentos yang memiliki esensi pengetahuan game ini bercerita tentang mencocokan gambar-gambar biota laut dengan nama latin hewan tersebut. Game ketiga namanya pindahkan aku yang memiliki esensi kekompakan, keberanian, dan konservasi yaitu game yang mewajibkan peserta melakukan estafet bulu babi (Diadema sp.) dari sebuah ember ke lautan lepas. Game ke empat yaitu makan-makan. Game makan-makan mengharuskan peserta memakan gonad bulu babi mentah plus anggur laut (Caulerpa racemosa) dengan mata tertutup, jadi awalnya peserta tidak mengetahui apa yang mereka makan. Acara di pulau semak daun diakhiri dengan pencarian bendera sigma oleh anggota baru sigma yang sebelumnya disembunyikan panitia. Malam hari acara ini dilajutkan dengan pelantikan dan fireworks party :D (Shafia)









Tidak ada komentar:

Posting Komentar