Rabu, 13 Juli 2011

MOLUSKA

Moluska merupakan salah satu filum dari kingdom Animalia. Tubuh Moluska memiliki tiga lapisan dan berongga (triploblastik selomata) yang tersusun dari lapisan ektoderm, mesoderm, dan endoderm. Rongga tubuh yang dinamakan dengan pericardial cavity, diselubungi dan diikat dengan jaringan khusus dari lapisan mesoderm, yaitu messentary, peritoneum, dan lapisan serosa. Rongga tersebut kecil karena hanya menyelubungi jantung dan gonad (Miller & Harley. 2001: 101 & 173).



Gambar: Pola triploblastik selomata

[Sumber: Miller & Harley. 2001: 101.]


Karakteristik hewan Moluska yang sangat khas dibandingkan dengan filum animalia lain, yaitu memiliki tubuh yang lunak. Hal tersebut sesuai dengan nama Moluska (L. molluscus, lunak). Karakteristik lain yang khas adalah sebagai berikut:
1. Tubuh terdiri atas tiga bagian utama, yaitu kepala-kaki, mantel, dan massa viseral.
2. Selom sangat kecil, hanya untuk rongga jantung, nephridia, dan gonad.
3. Tubuh simetri bilateral.
4. Sistem sirkulasi bersifat terbuka, kecuali pada kelas Cephalopoda.
5. Rongga mulut terdapat radula untuk memakan makanan (Miller & Harley. 2001: 174).



Gambar: Susunan tubuh Moluska.
[Sumber: Miller & Harley. 2001: 176.]


Bagian kepala-kaki yang memanjang terdapat pemanjangan struktur seperti kepala di bagian anterior dan pemanjangan struktur kaki. Di bagian anterior, terdapat struktur seperti mulut, jaringan saraf, dan organ sensoris. Pemanjangan kaki berfungsi untuk penempelan atau pergerakan (Miller & Harley. 2001: 174).
Bagian mantel biasanya menempel pada bagian massa viseral, menyelubungi tubuh, dan mampu membentuk cangkang yang menutupi mantel. Mantel membentuk cangkang yang tersusun dari tiga lapisan, yaitu periostrakum (lapisan terluar), lapisan prismatik, dan lapisan nakreas (lapisan terdalam). Mantel juga membentuk semacam rongga yang dinamakan dengan rongga mantel. Rongga tersebut berfungsi untuk eksresi, pertukaran gas, defekasi, dan pelepasan sel-sel gonad (Miller & Harley. 2001: 174 & 176).



Gambar: Tiga lapisan cangkang Moluska.
[Sumber: Miller & Harley. 2001: 101.]


Bagian masssa viseral merupakan bagian tubuh yang mengandung organ-organ penting. Organ-organ tersebut, yaitu organ-organ pencernaan, sirkulasi, reproduksi, dan ekskresi. Massa viseral berada di bagian dorsal dari tubuh serta bagian dorsal kepala-kaki (Miller & Harley. 2001: 174).
Filum Moluska terdiri dari delapan kelas, yaitu Caudofoveata, Aplacophora, Polyplacophora, Monoplacophora, Scaphopoda, Bivalvia, Gastropoda, Cephalopoda. Kedelapan kelas tersebut menyumbang hampir 100.000 spesies bagi filum Moluska. Kedelapan kelas tersebut memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain meskipun memiliki karakteristik umum yang sama dari filum Moluska (Miller & Harley. 2001: 175).

Sumber:
Miller & Harley. 2001. Zoology, 5th ed. The McGraw-Hill Companies, Inc., New York: xvii + 540 hlm.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar