Jumat, 29 Juni 2012

Pernah Dengar Isu tentang Bycatch?


Ada yang sudah pernah mendengar isu bycatch?

Bycatch adalah fenomena tertangkapnya makhluk laut yang tidak diinginkan oleh jaring-jaring nelayan. Nelayan pada umumnya menebar jaring yang panjang dan sangat besar di laut untuk menangkap ikan. Harapannya adalah dengan menebar jaring yang besar dan panjang, hasil tangkapan ikan pun dapat meningkat sehingga pendapatan pun akan meningkat. Namun, ada efek yang sangat besar yang ternyata tidak disadari oleh para nelayan tersebut. Efek tersebut adalah tertangkapnya hewan-hewan yang bukan target tangkapan. Hewan bycatch dapat berupa anjing laut, ikan hiu,dan burung laut. Bahkan biasanya hewan-hewan yang tertangkap tersebut adalah hewan yang terancam punah, seperti penyu, lumba-lumba, dan bahkan paus!


Penyu terjerat jaring
Parahnya lagi, hewan-hewan bycatch tersebut, yang dianggap tidak bernilai komersial, dibuang begitu saja ke laut dalam keadaan sekarat dan dibiarkan mati! Tentu hal ini merupakan ancaman yang sangat besar bagi keseimbangan lingkungan laut. Diperlukan pendekatan-pendekatan strategis kepada para stakeholders dalam mengatasi permasalahan bycatch tersebut. Lembaga pemerhati lingkungan dunia WWF telah mencanangkan bahwa isu bycatch adalah masalah prioritas yang harus segera diselesaikan.

Menurut jurnal di Conservation Letters, dalam 20 tahun ke belakang, sekurang-kurangnya terdapat jutaan penyu yang terjerat oleh jaring-jaring penangkap ikan. Padahal, menurut IUCN, enam dari tujuh spesies penyu di dunia ada pada status critically endangered (kritis terancam punah). Sampai saat ini, berbagai pihak masih belum menemukan solusi yang baik untuk mencegah terjadinya bycatch yang berkelanjutan. Banyak penemuan-penemuan seperti Turtle Excluder Device (TED) yang bertujuan untuk mengurangi bycatch penyu, namun masih ada beberapa kekurangan yaitu masih terjerat nya hewan-hewan selain penyu, seperti lumba-lumba, hiu, dan paus.

Perhatikan baik-baik sebelum kita menyantap seafood yang terhidang di depan mata kita. Bagaimana hewan itu bisa sampai ada di meja makan kita? Berapa banyak penyu atau hewan lain yang terjerat dalam proses penangkapan seafood yang ada di hadapan kita? Perlu kita renungi lagi apakah kita sudah memanfaatkan laut secara bijak atau belum. (Tim PDA)

Lumba-lumba
Albatross
Anjing laut

Sumber:

http://www.oikonos.org/projects/albatross_naturalhistory.htm
http://www.destination-scuba.com/Sea-turtles.html
http://www.wakeproject.net/?page_id=81
http://www.smartgear.org/smartgear_bycatch/bycatch_problem/
http://www.thedolphinsoflosgigantes.org/index.asp?page=by_catch



Tidak ada komentar:

Posting Komentar